• Register
Pertumbuhan Iman
PDF
Print
E-mail
Written by Administrator   
Monday, 29 October 2012 01:30

1 Timotius 4 : 7b - 8 — “ Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”

Tanaman yang sama di tempat yang sama tidak serta merta membuat semua tanaman itu akan tumbuh sama baiknya atau pesatnya. Di depan rumah saya menanam tiga pohon pinus yang masing-masingnya berjarak sekitar setengah meter dengan tinggi awal yang sama, tetapi kemudian ketiganya tumbuh dalam kecepatan yang berbeda. Yang paling kiri paling cepat, sedang yang diujung kanan itu paling lambat tumbuhnya. Ada banyak faktor yang menentukan cepat tidaknya atau berhasil atau tidaknya sebuah tanaman untuk bisa tumbuh baik.

Ada tanaman yang langsung mati jika tidak terawat, ada pula yang hidup segan mati tak mau. Tidak mengalami pertumbuhan, tetapi mati pun tidak. Atau kalaupun bertumbuh prosesnya sangat lambat. Dalam hal ketiga pinus itu, tampaknya posisi terdekat dari sinar matahari pagi membuat perbedaan diantara ketiganya.

Dengan perawatan yang lebih baik pada pohon pinus yang relatif lebih lambat tumbuhnya, lama kelamaan pohon itu mulai menyusul pesat pertumbuhan pohon disebelahnya. Perhatian yang diberikan terhadap tanaman bisa membawa hasil yang berbeda. Semua pohon punya potensi untuk tumbuh baik, tetapi perhatian kita dalam merawatnya akan memberi perbedaan. Dalam hal rohani pun keadaan bisa sama seperti itu.

Ada banyak orang yang memiliki kerinduan yang besar agar imannya bertumbuh, tapi dia merasa seolah berjalan di tempat selama bertahun-tahun. Mereka sudah berdoa, tapi tetap saja tidak merasakan adanya pertumbuhan. Hidup masih diliputi keraguan. Segala hal keduniawian masih terus lebih mendominasi ketimbang merasakan hadirat TUHAN dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada kerinduan untuk mendalami Alkitab, secara teratur menyediakan waktu untuk saat teduh, bahkan kerinduan untuk beribadah bersama saudara-saudari seiman.

Saya pernah mengalami hal-hal seperti itu. Ada masa dimana saya mudah mengantuk di gereja, ada masa dimana saya begitu malas membuka Alkitab, bahkan malas berdoa kalau sedang tidak ada yang saya butuhkan. Tapi sekarang berbeda. Saya merasakan sendiri betapa indahnya hidup bersama TUHAN. Living from glory to glory, that makes my life different, better than ever.

Apakah itu artinya saya orang yang “problem free” ?
Sama sekali tidak. saya adalah manusia biasa yang tetap punya masalah-masalah dalam hidup. Tetapi kedekatan bersama TUHAN setiap harinya membuat saya tidak mudah terganggu dengan adanya masalah. Saya tahu TUHAN ada bersama saya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah satu per satu, dan itu memberi kekuatan serta keyakinan tersendiri sehingga saya bisa tenang dan tidak harus kehilangan sukacita. Saya tidak harus takut, karena saya tahu TUHAN tidak akan pernah meninggalkan saya. Itu tidak akan bisa kita rasakan apabila kita hanya terus berjalan di tempat tanpa mengalami pertumbuhan.

Sebuah pertumbuhan iman. Itu terdengar sangat indah. Kita tidak akan bisa berharap untuk bertumbuh dengan instan, dan berharap bahwa dengan satu doa, lalu kita tiba-tiba langsung bertumbuh dalam dia. Sebuah pohon tidak pernah mendadak tumbuh besar dalam sekejap mata bukan ? Iman kita pun sama seperti itu. Seperti pohon, iman bisa bertumbuh. Diawali dari benih Firman TUHAN yang kita tanam, benih itu bisa membuat iman bertumbuh semakin besar dan semakin tinggi. Demikianlah TUHAN YESUS menggambarkan hal itu: "Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat." Matius 13 : 23

1 Korintus 3 : 7 — “ Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan ALLAH yang memberi pertumbuhan.”

Kita akan melihat bahwa ALLAH-lah yang memberi pertumbuhan. Itu benar. Namun bukan berarti kita bisa berpangku tangan dan hanya menunggu hingga TUHAN untuk memberikan itu, karena ada bagian yang harus kita lakukan. God does his part, but we have to do our part first. Dan kita tidak bisa pula berharap untuk bisa tekun dalam sekejap mata. Seperti dalam banyak hal, kita harus terlebih dahulu melatih diri kita dan membiasakan untuk tekun secara perlahan dari hari ke hari.

Itu tepat seperti yang disebutkan dalam 1 Timotius 4 : 7b — “Latihlah dirimu beribadah.”

Seperti halnya orang yang ingin tubuhnya sehat, mereka pun harus melatih diri mereka agar berolahraga secara teratur. Makan makanan yang bergizi secukupnya secara teratur, dan lakukan senam atau lari pagi secara teratur pula. Kalau ingin pintar, tentu kita harus sungguh-sungguh. Everything in life is a process. It's never instant. Itu termasuk juga dalam hal pertumbuhan iman. Pertumbuhan iman haruslah melalui proses dimana ada bagian TUHAN, dan ada pula bagian kita, yang harus kita lakukan. Melatih diri untuk beribadah itu sangat penting, karena ada janji yang terkandung disana. Janji yang tidak saja berguna untuk kehidupan di dunia, namun juga untuk kehidupan yang akan datang. 1 Timotius 4 : 8

Selain tekun berlatih, adalah penting pula untuk mematikan segala hal yang bersifat duniawi. Kolose 3 : 5 — “ Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.”

Kita tidak akan pernah bisa bertumbuh dan hidup dalam ROH jika diri kita masih terus dikuasai oleh berbagai keinginan daging. Apabila kita menuruti apa yang diinginkan daging, maka kita akan mati, sebaliknya jika kita mematikan hal-hal duniawi dan membiarkan diri kita dipimpin oleh ROH, maka kita pun akan hidup. Roma 8 : 13 — “ Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh ROH kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.”

Agar kita bisa bertumbuh dan menjadi milik YESUS KRISTUS, kita harus hidup dalam ROH, karena menjadi milik KRISTUS berarti ada ROH ALLAH yang diam di dalam kita. Roma 8 : 9 — “ Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam ROH, jika memang ROH ALLAH diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki ROH KRISTUS, ia bukan milik KRISTUS.”

ROH ALLAH tidak akan diam di dalam kita jika kita terus membiarkan kedagingan mengambil alih kehidupan kita.

Dengan terus melatih diri untuk beribadah dan mematikan keinginan-keinginan duniawi, disanalah iman kita akan bertumbuh. Saya sudah merasakan sendiri bagaimana luar biasanya bertumbuh dari hari ke hari.

Akan ada banyak sekali hal luar biasa yang akan anda lewatkan jika anda tidak bertumbuh.

Ada damai dan sukacita disana, ada kasih, ada kesabaran, ada pengharapan, ada pertolongan dan lain-lain, semua itu begitu menguatkan saya dalam menjalani profesi dan kehidupan.

Hidup dipimpin TUHAN itu rasanya luar biasa. Ada banyak hal yang disingkapkan, mata kita akan melihat segala sesuatu dari sebuah sudut pandang yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Itu semua saya katakan berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri dan bukan sekedar teori.

Berdoalah, minta TUHAN YESUS untuk melakukan bagian-NYA, dan lakukan pula bagian kita, maka kita akan bertumbuh.

2 Petrus 3 : 18 — “ Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan TUHAN dan Juruselamat kita, YESUS KRISTUS. Bagi-NYA kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.”

Do our part first then let God do His part
TUHAN YESUS Memberkati.

Last Updated on Monday, 29 October 2012 01:35
 
Written on 23 May 2013, 03.05 by aaronanakgue
Baca: Roma 4:1-25"Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" Roma 4:17aAbraham disebut sebagai bapa orang percaya. Untuk mendapatkan pengakuan...
Written on 05 September 2011, 02.40 by Administrator
Dr. Mengapakah saya sering sakit dada di bahagian kiri, kadang kala saya nakbernafas pun susah kalau time betol-betul sakit.lagi satu kalau time sakit...
Written on 29 October 2012, 01.30 by Administrator
1 Timotius 4 : 7b - 8 — “ Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung...